August 3, 2021

www.redstonedart.org

Just another WordPress site

Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Covid-19 versi BBC News

Covid-19 kembali menjadi momok di Indonesia pada Juni 2021, setahun lebih setelah Covid-19 masuk ke Indonesia, virus ini kembali menjadi ancaman besar bagi masyarakat Indonesia. Rekor jumlah penderita kasus positif virus corona kembali memecahkan rekor tertinggi, tercatat ada penambahan sebanyak 21.095 kasus perhari pada Juni 2021.

Tentunya kita sudah membaca banyak sekali informasi terkait virus Covid-19 ini, namun ada beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pembaca BBC, dimana kami akan coba merangkum berita tersebut di situs informasi kita.

Apa sajakah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat dunia?? Mari kita simak ulasan pertanyaan tersebut dan juga jawaban dari pertanyaan tersebut.

  1. Apakah kita akan kebal dari sakit virus Covid-19 apabila sudah pernah sembuh?
    Jawaban: Mereka para penyintas yang sudah pernah sembuh dari sakit Covid-19 pastinya memiliki antibodi yang lebih kuat untuk melindungi tubuh mereka. Namun hal tersebut tidak menjamin kalau mereka akan terbebas dari infeksi Covid-19 lagi ke depannya, jika immune antibodi mereka sedang rendah.
  2. Berapa lama kita akan sakit jika terkena Covid-19?
    Jawaban: Mereka yang terkena virus Covid-19 memiliki gejala mirip flu, namun yang paling umum adalah demam dan batuk kering. Badan akan merasa tidak enak selama sekitar 7 hari, dan apabila virus mencapai paru-paru bisa menyebabkan penderita sesak napas dan pneumonia. Untuk mencegah penyebaran virus corona, upaya karantina 14 hari diwajibkan bagi pasien positif corona. Waktu 14 hari itu sebenarnya berkaitan dengan bagaimana virus menyerang sel dan bereplikasi hingga tidak mengembangkan infeksi yang bisa menularkan ke orang lain.
  3. Apakah kita boleh divaksin dengan 2 merk yang berbeda?
    Jawaban: Para ahli percaya dosis campuran vaksin Covid bisa dipertimbangkan karena mungkin memberikan kekebalan yang lebih tahan lama dan menawarkan banyak fleksibilitas terkait peluncuran vaksin. Kelangkaan produk vaksin tertentu tentu akan lebih teratasi apabila badan kita bisa divaksin dengan merk yang berbeda.
  4. Apakah itu Herd Immunity (Kekebalan kelompok)?
    Istilah herd Immunity merupakan jawaban dari bagaimana Indonesia akan terbebas dari situasi krisis Covid19 dimana sebagian besar masyarakat terlindung/kebal terhadap penyakit tersebut. Kondisi tersebut hanya dapat tercapai apabila cakupan atau jangkauan vaksinasi yang sudah tinggi dan merata di masyarakat.
  5. Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki gejala COVID-19?
    Jika Anda terdiagnosa positif namun hanya mengalami gejala ringan, seperti batuk ringan atau demam ringan, Maka Anda tidak harus mencari rumah sakit atau tempat rawat inap karena ketersediaan tempat saat ini begitu padat. Tetaplah tenang dan coba isolasi diri dan pantau gejala Anda. Kamu boleh mencari perawatan medis jika Anda mengalami kesulitan bernapas kemudian mengalami nyeri di dada.

Indonesia dalam keadaan darurat dan perlu kesadaran diri dari setiap masyarakat untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah yaitu 3 M, Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak. Kini menghadapi kasus yang semakin tinggi, pemerintah disarankan menambah 2 M, yaitu Membatasi Mobilitas dan Menjauhi Kerumunan. Jadi stay safe yah kawan, semoga semua selalu sehat.